Minggu, 29 April 2012

Pulaaaang


Sampe di Juanda sekitar jam 10 WIB. Sebenernya di pesawat udah dapet makanan sih. Tapi takutnya ntar susah dapet tempat makan lagi. Jadi deh beli rawon di bagian depan bandara. Ini juga sekalian mau tanya tempat damrinya di mana sih. Dan ternyata deket banget. Dan rawon sama aqua botol kecil 45 ribu teman-teman! Mahaaaal T.T Pas udah sampe rumah apalagi. Kerasa banget mahalnya. Di rumah itu, 2000 aja udah dapet banyak. Nasi sama lauk macem-macem. Ya sudahlah.
Akhirnya sampe di Bungurasih. Mau bawa koper sendiri eh langsung diambil sama bapak-bapak di situ. Udah coba nolak tapi bapaknya langsung jalan cepet. Yasud.
Kira-kira jam 12 bisnya berangkat. Aku mikirnya, paling jam 4 sampe rumah. Paling lama jam 6 lah. Ini, ketauan banget nggak pernah ke Surabaya. Haha.
Udah seneng bentar lagi sampe rumah. Kanan kiri ketemu rumah, sawah, kadang laut. Indonesia banget rumahnya, sawahnya. Haha.
Tapi tapi kok lama ya. Baru sampe Lasem udah jam 4. Hooo piye iki.
Telpon bue, tanya nomere Sasa. Ternyata bue juga nggak tau. Dan setelah itu hp langsung mati. Aku masih nggak ngaku juga pas ditanya lagi di mana. Haha
Ternyata Surabaya-Tayu itu jauh ya. Udah mulai gelap dan masih jauh. Masih di Rembang. Terus Juwana. Ah iya, di Lasem itu aku liat bis Sarang-Tayu. Tapi yang ke arah Sarang. Mau naik itu aja soalnya di deket rumah ada banyak bis kayak gitu. Mungkin bisa langsung sampe. Tapi nggak jadi soalnya takut ntar diturunin di tengah jalan. Hehe
Udah mau sampe Pati, tanya sama kondektur. Bisnya ini masuk terminal Pati nggak ya. Lah si bapak malah nanya balik, emang mau ke mana? Pas aku bilang ke Tayu, bapaknya malah mukanya khawatir gitu. Aku aja tenang-tenang aja, jujur agak deg-degan sih tapi. “Nggak masuk mbak. Ntar turun di Gemeces aja. Naik becak sampe RSUD. Dari depan RSUD nanti naik mobil plat item ya. Ini aku smsin temenku dulu. Eh katanya berangkat kalo banyak orang. Nanti mbak tunggu aja ya. Berangkat kok biasanya. Naik becaknya kasih 10 mbak. Itu nggak jauh sih, tapi lumayan belok-belok jadi agak jauh jadinya. Ati-ati ya mbak.” Bapaknya baik banget. Udah gitu dipanggilin becak juga. Kalo naik mobil plat item sih udah biasa aku. Dulu juga sering naik itu sama Iqbal Galih kalo dari Semarang. Tapi dulu dianter Pak Angga sampe naik mobilnya. Ini sendiri. Udah sih, seenggaknya udah punya pengalaman. #mencobamenghiburdiri
Sampe depan RSUD, sepi. Nggak ada orang. Mobil juga nggak ada tanda-tanda kehidupan. Adanya cuman mobil yang lagi diparkir. DEG! Gimana hayooo.
Tiba-tiba ada bapak-bapak tukang ojek.
“Mau ke mana mbak?”
“Tayu.”
“Tayunya mana?”
“Ndokaton.”
“Oh, Ndokaton. Sini mbak saya anterin.”
“Nggak Pak, mau nunggu mobil dulu.”
“Oh mobil plat itemnya udah berangkat semua Mbak. Ini udah jam 8.”
Aku liat jam, hee baru setengah 7 juga padahal.
Aku liat bapaknya. Bapaknya salting. “Iya Mbak, kalo jam 7 emang udah pada berangkat biasanya.”
Aku makin nggak percaya sama si bapak.
Tapi kok lama ya.
“Udah mbak saya anterin aja.”
“Emang berapa pak sampe Ndokaton?”
“65 aja mbak. Kalo aku kemaren nganterin sampe gilingan batu itu 50 mbak. Masih Tayukulon itu lho.”
Widih mahal amat. Padahal kalo siang naik bis 7000 aja dapet.
Mulai deh nawar.
“35 ya Pak.”
“Hehehe. Nggak boleh mbak. 35 itu cuman sampe Tayu.”
“Yaudah Pak, saya nunggu dulu ya.”
“Iya mbak, ditunggu aja.”
Lama eh.
“Yaudah, saya sama bapak aja.”
“Nah, dari tadi gitu kan enak mbak. Sampe Ndokaton ya?”
“Nggak jadi Pak, Tayu aja. 35 kan ya?”
“40 aja ya mbak. Hehe.”
“Lah tadi katanya 35.”
“40 ya mbak.”
“Yaudah.”
Masalah baru datang. Koper ku! Bawa koper yang isinya 20an kilo. Mau naik ojek gimana caranya. Sebenernya dari tadi nolak juga aku mikir itu sih.
Eh si bapak nggak nyerah gitu aja. Pertama kopernya ditaruh di tengah, di antara aku dan bapak. Aku bisa duduk sih. Tapi kakiku nggak bisa ditekuk jadinya. Jadi kakinya lurus aja ke bawah. Pas jalan berapa meter, berhenti.
“Mbak, kakinya bisa dinaikin ke situ? Ini jalannya jadi nggak seimbang Mbak.”
“Nggak bisa Pak.”
“Yaudah diatur lagi aja.”
Kopernya dipindah ke depannya si bapak. Baru jalan berapa meter, udah berhenti lagi.
“Nggak enak mbak, pegang stangnya. Nggak bisa belok. Diatur lagi ya.”
Sekarang si bapak buka jok motornya. Dikeluarin tali yang ujungnya ada penjepitnya.
“Pake ini mbak.”
Tararaaaa.. Kopernya ditaruh di depan bapaknya, terus ditaliin pake itu. Bapaknya jadi kayak pake tameng. Haha. Tapi keren banget ini si bapak, nggak kenal nyerah.
Alhamdulillah sampe rumah mbah jam setengah 8. Mbah lagi telpon. Mukanya panik.
“Hooo ini lho orangnya.. Sini Ka, ngomong sama Lek Adi.”
Jadi pertama sampe rumah juga aku malah ngomongnya sama Lek Adi. Haha.
Ternyata orang-orang lagi pada bingung nyariin aku. Ternyata sebelum aku sampe rumah, Lek Adi udah tanya sama mbah, bue, pae, Lek Uun, Lek Lilik. Semua ditanyain. Why? Karena hpku mati mungkin jadi nggak bisa disms atau ditelpon. Sampe Juanda padahal aku laporan udah sampe ke Lek Adi. Mungkin karena lama nggak ngasih kabar lagi kali ya jadi khawatir.
“Ka, ini orang-orang pada nyariin kamu. Disms nggak bales, telpon nggak diangkat.”
“Iya Mbah, hpku mati.”
“Mbah tau kalo cucunya mbah yang namanya Ika itu berani. Ican aja kalah. Ika itu berani banget, ke mana-mana sendirian oke aja. Sering maen sendiri. Tapi ini udah malem. Nggak ada kabar. Ke mana coba. Mbah lho udah mikir yang macem-macem. Apalagi kemaren beritanya ada yang dimutilasi sama pacarnya di Surabaya. Tuh, Surabaya. Kamu katanya naik pesawatnya sampe Surabaya. Duh, makin nggak tenang Ka. Kamu kalo gimana-gimana coba, piye Ka?”
“Iya Mbah aku tadi juga beli Koran ada yang dimutilasi tapi belum aku baca soalnya takut. Hehe.” (jawaban sangat cerdas! Nggak nyambung babar blas)
“Mbah juga sempet mikir, apa Ika maen ke rumah temennya di Surabaya -(Lili lagi nggak libur, dia nggak mungkin mudik. Jadi nggak mungkin aku ke sana. Batinku). Atau mungkin ke Lamongan-(Ardhi aja nggak pulang. Ariska juga lagi nggak libur kuliahnya. Nggak mungkin juga ini mbah). Ato ke Tuban ya jangan-jangan-(oke, Amma kemaren sempet mudik, tapi udah balik lagi ke Jakarta. Nindy sama Puput juga lagi kuliah sekarang, nggak mungkin mudik.Nggak mungkin). Ah iya, mungkin ke Malang-(Nisa lagi maen ke Singapura Malaysia. Nggak mungkin juga aku ke sana mbah). Ya udahlah yang penting kamu udah sampe rumah selamat. Sana telpon bue pae Lek Uun Lek Lilik.

Kesimpulannya, rumah saya sangat desa sekali. Setengah 7 aja udah nggak ada bis. Oh no! :p



Tidak ada komentar:

Posting Komentar