Senin, 30 Desember 2013

Ski 2013

77, 88, 92.

Menemukan orang yang tepat di saat yang tepat. 

Udah 3 taun yang lalu ikut ski dan itupun cupu luar biasa, masuk keluar salju. Nyungsep ke pepohonan di pinggiran jalan ski. Papan ski, topi, tongkat, meluncur entah ke mana. Naik sendirian, turun sendirian. Guling-guling sendirian. Salju masuk baju sendirian. Nggak ada yang ngajarin. Ada sih yang ngajarin, pas awal banget. Diajarin jatuh yang enak. Tapi tetep aja kan mana bisa kalo langsung dilepas di medan yang jauh berbeda. Nggak ada yang nemenin. Kadang ketemu orang sih tapi terus pisah lagi. Naik turun liftchair juga sendirian. Kadang ketemu orang indonesia juga yang lagi jatuh, agak ayem karena nggak jatuh sendiri. Tapi seringnya sedih karena liat orang indonesia ataupun orang jepang yang udah jago luar biasa. Anak-anak juga banyak yang udah jago. Jadi, ski pertama nggak ada kesan menyenangkan sama sekali. Yang ada adalah trauma. Dapet capeknya doang. Makanya kemaren pas ditawarin ikut, walaupun gratis juga agak mikir juga. Mikir ski yang sebelumnya aja ngenes banget gitu. Tapi kesempatan nggak dateng dua kali, aku iyain aja. 
Kalo ski yang sekarang, awal-awal latihan di slope yang paling deket sama pintu masuk, yang ternyata setelah aku naik ke atas aku jadi tau kalo slope itu adalah yang paling curam. Aku latian di situ diajarin kak nugroho sama yang lain juga. Ada kak mima juga. Diajarinnya tentang jatuh lagi. Terus aku liat ibu-ibu ngajarin dua anaknya yang masih kecil. Gimana biar nggak jatuh. Nah beda kan cara ngajarinnya. Terus gimana biar bisa jalan mundur. Anak-anak kecil itu langsung jago jalan mundur tapi aku masih nggak berani. Terus karena anaknya udah lumayan bisa, ibunya ngajak naik ke atas. Heee aku langsung pengen ikut juga. Terus kata kak nugroho juga, harus langsung ke atas biar bisa praktek beneran. Kalo cuma di bawah aja sih nggak ada apa-apa. Yaudah aku mau naik. Tapi nggak ada yang mau aku ajak. Ajak kak mima, katanya duluan aja. Pas mau naik sendiri, muncul alda! Yaudah ajak naik bareng. Sepatuku dibenerin juga sama alda. Pas udah sampe atas, ada sofi! Ngahahaha akhirnya maen bertiga. Pas di liftchair, alda udah aku minta buat ngajarin, temenin sampe bawah. Kalo bisa seharian itu harus temenin aku ke manapun . Nggak mau tau pokoknya harus temenin. Hahaha. Dan dia nggak mau lah kalo seharian. Tapi kalo nemenin sekali jalan aja mau. Dari alda aku belajar banyak. Seenggaknya udah nggak trauma lagi. Walaupun kalo jalan kakinya masih belum sejajar, masih harus bentuk v. Kalo sofi, cuma sempet maen bareng bentar terus di tengah-tengah dia menghilang entah ke mana. Selese diajarin alda, naik kursi lagi sendirian. Ketemu kak mima sama ardhi.  Ajarin kak mima bentar. Kak mima lumayan bisa. Walaupin pas hampir mau sampe bawah jatuh dan lebih memilih jalan kaki. Terus naik kursi lagi sama ardhi. Terus ada saat di mana, di tengah-tengah ada mbak-mbak yang jatuh terus. Namanya mbak erly. Aku bantuin dikit. Hari pertama itu aku masih jarang jatuh jadi pas mbaknya jatuh aku nggak ikut jatuh buat contohin berdiri. Cuman ngasih teori-teori yang belum tentu bener juga. Maaf ya mbak. Terus pas mbaknya udah berdiri, latihan jalan. Jalan berapa meter jatuh lagi. Berdiri lagi. Jalan, jatuh, berdiri. Sampe akhirnya mbaknya nyerah terus papannya dilepas, jalan kaki ke bawah. Tapi itu mending sih tinggal dikit baru jalan. Pas aku dulu, masih jauh banget, belum sampe tengah aja udah aku lepas. Jalan kaki ke bawah. Abis sampe bawah, makan. Abis makan, kak erly aku ajakin naik lagi nggak mau katanya mau di bawah aja. Yaudah aku naik lagi sama ardhi. Naik turun sampe selese sama ardhi. 
Terus malemnya, 
"Kak rizka sama kak ardhi sebenernya ada apa?" Si sofi nanya. 
"Nggak ada apa-apa sof. Emang kenapa?"
"Abisnya bareng-bareng terus."
"Itu karena yang lain nggak ada, makanya bareng ardhi terus. Kamu kemana aja? Nggak pernah ketemu lagi lho."
"Aku maen-maen di beginner. Sama icha. Terus bantuin orang-orang juga. Tadi juga ada 4 orang yang jatuh tapi karena aku sendirian jadi manggil yang lain."
"Ohh. Kamu udah naik ke tengah?"
"Belum. Mau naik tapi nggak ada temennya kak. Kakak udah naik?"
"Udah."
"Masuk hutan juga?"
"Nggak kayanya sof. Tapi di jalur yang jarang dilewatin orang-orang sih. Kayaknya ada hutan juga tapi aku nggak lewat sana. Besok mau naik bareng?"
"Mau mau kak!"
"Oke tapi kamu jangan ninggal-ninggalin aku."
"Iyaaaa!"
Akhirnya dari awal sampe akhir maen sama sofi. Tapi entah kenapa hari kedua banyak banget jatuhnya, lebih parah dari hari pertama. Sepatuku rasanya kurang kenceng lah, di tengah-tengah perjalanan papan lepas lah, macem-macem. Terus pas mau masuk hutan, ketemu alda! Sepatuku dibenerin lagi sama alda. Hahaha. Terus juga diajarin lewat hutan itu gimana. Tapi aku awalnya nggak mau lepas papan. Sofi juga. Tapi sofi lancar sampe akhir. Tapi aku nggak. Kepleset mundur ke belakang terus. Jadi aku lepas papannya. Pas naik yang kedua, udah tanya sofi teorinya biar nggak mundur, jadi caranya papannya agak dimiringin jangan ngikut tanahnya yang emang udah miring tapi gimana caranya biar bisa agak tegak. Jadi nggak jatuh-jatuh lagi. 
Dan ski berakhir dengan bahagia. Horeee!
Pulangnya bingung, karena ternyata sampe shinjuku jam 10 malem. Terus mau ke oky juga kayaknya jauh banget dan udah capek. Aku tanya ke kak erly katanya boleh nginep aja, sama kak dwi yang emang dari awal sebelum berangkat juga nginep di kak erly. 
Horeeeeee!



Alhamdulillah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar