Senin, 09 Desember 2013

Marikatul

Mbah punya panggilan lucu buat anak-anaknya. 
Agus kustianto: gatut
Eny dwi kustiyani: nik
Tri retnoningsih: tri
Puji ely kustiyorini: lilik
Aris purwanto: totok
Agung luluk purwanti: uun
Adi irawanto: dik, kadang adi
Iya kan? Selain lek tri, semuanya nama panggilannya nggak ambil gitu aja dari nama lengkapnya. 
Kalo pakde gatut itu nggak tau asal-usulnya gimana. Kalo lek uun, dulu katanya pas kecil sering sakit. Terus namanya diganti sriuning, panggilannya uun. Abis diganti uun jadi nggak sakit lagi. Katanya sih gitu. Kalo kata wong njowo, kabotan jeneng. Tapi nama sriuning itu yang tau keluarganya aja. Di akte, ktp, ijazah semuanya tetep pake agung luluk purwanti. Tapi nama panggilannya tetep uun. 

Mbah yayi juga, namanya siti chasanah. Kalo keluarga besarnya, manggil beliau sanah. Soalnya kakaknya namanya juga ada siti-nya. Jadi nama panggilan siti udah dipake kakaknya. 

Cucunya juga ada yang kayak gitu. Nama panggilannya nggak sono mama dari nama lengkap. Contoh:
Gus ikhsan wahid: ican
Farikhatul maftuhah: rika
Ahza rinaldi: sasa
Rizka fauziah: ika
Dulu awalnya aku dipanggil ica. Biar mirip sama mas ican. Hahaha. Tapi nyai sama yai nggak bisa manggil ica, manggilnya ika terus. Lama-lama semua orang ikut manggil ika juga. Tapi kadang tetangga deket rumah masih manggil ica. Udah jarang tapi. Dulu lek tri punya panggilan sayangnya sendiri: marikatul. Hahaha. Lek tri suka inget sama mbak rika, farikhatul katanya. Jadi suka panggil aku marikatul. Hahaha. 

Biasanya, yang manggil ika cuma keluarga di rumah sama temen maen dari kecil yang emang rumahnya deket sama tetangga-tetangga. Temen-temen kenal di sekolah atau di suatu tempat yang lumayan jauh, manggilnya rizka. Aku juga kalo pas kenalan, otomatis ngenalinnya rizka sih. Udah kebiasaan dari dulu kayak gitu. 
Jadi kalo misalnya kebalik, sasa manggil aku mbak rizka, jadi aneh. Banget. 
Sama juga kalo ada temen sma manggil aku ika, aneh. Kayak dulu pernah guru smp aku tanya, "kalo di rumah dipanggilnya apa?" Aku jawab ika. Sejak saat itu bu guru panggil aku ika, aneh sendiri rasanya. Hahaha
Kecuali temen tk atau sd aku yang udah dari awal manggil ika, ya biasa aja. Kalo mereka manggil rizka, malah jadi aneh. 
Nggak tau ya yang ngerasa aneh gini cuman aku aja atau semua sodara-sodara aneh juga. 

Huehehehehehehehe



Akhirnya dateng lagi tuh si topan. Baru tadi sore aku mbatin, tumben nggak ada angin topan, padahal lagi ujian. Eh beneran dia udah wass wusss lagi! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar