Minggu, 21 Juli 2013

Kadang kamu harus keluar. Sendiri.

Lah kok kohai dua malah kabur ninggalin aku sendirian. 
Woi masih duduk di sini yg kelompok b! Yasudah lah mereka nggak ngerti aku ngomong apa. Terlalu jauh. 
Yee kelompok b jalan! 
Eh tapi pengen ke toilet. 
Ok. 
Eh kok pas keluar udah nggak ada orang. Bukannya tadi disuruh ke toilet dulu. Hahh. 
Tenang ternyata yang ketinggalan nggak cuman aku. 
A: telat kita. Mereka semua udah pergi. 
R: haha. Iya ya. 
A: iya. 
B: cung cing cang ceng ceng cong. 
A: cing cang ceng ceng cang cang. 
Huu aku nggak ngerti. 
B: kayaknya mereka ke atas. Cang cong cang cang cing. 
A: atas? Ceng ceng cong. 

Hadeehh. Nggak ngerti ikutin aja dah.

A: salah kayaknya di bawah deh. Cing cang cong cong. 
B: baiklah kita ke bawah. Ceng ceng cong. 

Huha nggak ngerti mbak-mbak cantiiik. Ikut aja yah. 

A: kamu udah lama dijepang?
R: aa lumayan. Udah 4 taunan. 
A: hoo. Belajarnya di sekolah yg tadi kamu nyegat bis itu?
R: iya. 
A:belajar apa?
R: busshitsu kougaku. 
A: hah?
R: busshitsu kougaku. 
A: apa?
R: material engineering. 
A: oh. Jadi kamu engineer? Wah keren!
R: hah nggak nggak keren. Hehehe. Mbake belajar apa? Udah lama di sini?
A: aku belajar bahasa jepang. Setaun di sini. Eh maksudnya aku belajar masak-masak, patissier. 
R: wah keren sekali! 
A: nggak. Hahaha. Sekarang kelas berapa?
R: oh aku kelas lima. Mbak?
A: wah kelas lima? Udah mau lulus dong. Aku masih kelas satu. 
R: hee. Rencananya taun depan lulus. Mbaknya pinter bahasa jepang yak. 
A: nggak. Hehehe. eh mata kamu bagus. 
R: hee. Bagus? Haha. Bagus gimana?
A: iya. Bagus aja. Bentuknya kayak gitu. Bagus. Besar matanya. 
R: haha. Makasih. 

Pisah. Jalan masing-masing. 

Waktunya naik bis. 
Eh si mbak tiba-tiba ke tempat aku duduk, aku pulang dulu ya. Katanya. 

Eh pas di luar masih ada mbaknya! Haha

Naik bis. 
Di dalem ada mbaknya juga! 
R: mbak. Boleh duduk di sini?
A: oh boleh-boleh. 
Dan ternyata bisnya penuh! Pas banget nggak ada kursi kosong lagi. Untung bgt aku duduk di sebelah mbaknya. Udah lumayan ngobrol. 

Ngobrol macem-macem. 
R: eh emang kalo di korea orang2 pake kanji ya?
A: iya kami pake kanji. Tapi agak beda sama yg di jepang. Kami pake kanjinya agak lebih ribet. Beda lagi sama yg di cina. Cina lebih sederhana kan bentuknya. 
R: iya sederhana. Jadi semuanya mirip ya? 
A: iya dulunya kan asal kanji semuanya dari cina. Tapi terus disesuaikan jadi beda-beda deh sekarang. 
R: hooo. Biasanya kalo di korea kanji dipake di apa?
A: nama toko, nama orang, nama sekolah, di koran, buku. Tapi akhir-akhir ini nama orang jg banyak yg pake hanggel. 
R: hooo. Berarti semua orang mengerti dan bisa menulis kanji? 
A: nggak juga. Nggak semuanya bisa nulis kanji. Tapi rata2 bisa. Tapi dibanding sama orang jepang nggak ada apa-apanya dah. Kalah kami. Hehehe. Eh kamu nggak panas pake yg panjang2 gitu?
R: hahahaha. Nggak lah. Ini udah biasa kok. 
A: di indonesia semua orang pake kayak gitu ya? Walaupun panas? Panas kan di indo?
R: panas sih tapi nggak selembab jepang. 
A: kamu islam ya?
R: iya. Hehehe
A: aku suka kasian liat cewek islam pake panjang2. Panas kan? Cowoknya boleh nggak pake gitu?
R: hahaha. Panas lah. Cowoknya cuman harus sampe lutut aja wajibnya. 
A: tuh kan. Aku ngerasa ceweknya itu dianaktirikan. Terlalu dikekang harus pake kayak gitu. 
R: hahaha. Nggak lah. Aku nggak pernah mikir gitu. 
A: kamu di sini ada temennya?
R: ada. 
A: kamu pake itu karena ada temen kamu, jadi kalo dilepas malu, ketauan temen kamu?
R: nggak. Bukan karena temen lah. Hahaha. 
A: oh jadi karena agama kamu ya kamu pake itu. Keren eh orang yg bisa pegang agamanya. 
R: iya karena agama. 
A: nggak panas pake itu?
R: panas lah pasti. Hahahaha
A: kok bisa sih. Aku pasti nggak bisa. 
R: udah kebiasa mbak. Hahaha. Ini asal pakenya nggak ngepres kulit, kainnya nggak nempel sama kulit, bisa kok adem. 
A: aah iya bisa lewat ya anginnya. 
R: iya. Terus kalo temen sekelas aku, mereka suka pake kain panjang gitu kayak stoking tapi di tangan. Terus juga pake payung. Tiap hari tiap ke sekolah. Buat menghindari uv. Ribet banget kan? Aku pake ini terus nggak usah masang-masang pelindung tangan, bawa-bawa payung kemana-mana. Praktis kan. 
A : hahaha. Iya ya. Apa aku pake aja ya biar nggak kena uv.
R: hmm. Itu salah satu keuntungan pake panjang-panjang sih. Tapi yg jelas ada alasan lain yg bikin aku pake ini. 
A: wah keren yak. 
R: eh mbake ini ikut acara ini karena disuruh atau karna pengen ikut sendiri?
A: tadinya aku pengen ikut sendiri kan. Terus diminta buat sediain jam yg banyak. Aku nggak nyangka bakal kayak gini. Sekarang aku jadi ngantuk sendiri. Kemaren part time dari jam 10 malem sampe tadi pagi jam 4. Capek bgt. Kalo malem sabtu gitu susah, jarang ada yg mau part time soalnya. Pengen tidur tapi nggak bisa. 
R: (loh si mbak malah curcol). Wah mbak berarti belum tidur sama sekali?
A: belum.
R: wah capek bgt pasti. Tidur aja mbak ntar kalo udah sampe aku bangunin. 
A: makasih ya. Tapi ini bentar lagi sampe. Tahan deh 3 jam lagi jg selese kan acaranya. Nanti aja tidur kalo acara udah selese. 
R: heee. Ya udah aku nggak ngajak mbak ngomong ya. Mbak tidur aja. 
A: nggak. Nggak papa kok. Hahaha
R: ih mbak kuat bgt. Itu pulang gitu nggak takut mbak sendirian? Naik sepeda kan ya?
A: iya naik sepeda. Nggak papa kok aman. Terus di situ ada pabrik kapal kan, kalo aku pulang malem2 gitu masih suka ada yg kerja. Mereka nggak pernah tidur. 
R : ih mbak berani bgt yak. Emang nggak takut orang amerika?
A: serem sih ya kayaknya. Tapi jarang ada kok mereka malem2. 
R: ih parah mbak keren bgt. 
A: capek tau. Harus atur waktu jg kan. Oh iya abis ini sampe rumah harus belajar karena senin ada tes. Besok masih harus part time. Aaa. 
R: semangat mbak!
A: iya. Aku harus ngelakuin ini karena semua orang jg berusaha keras. Mereka jg berjuang. Aku jg harus berjuang. Ah tapi kalo mikirnya aku harus berjuang, jadi berat belajarnya. Karena jadi beban. Kalo mikirnya belajar menyenangkan, baru enak belajarnya. Iya aku suka belajar. 
R: wah mbak kerennnn. 
A: ini deket nih sama rumah aku. 
R: mbak sering ke sini?
A: lewat doang sih. Kalo selese part time. Pulang pagi gitu kan. Keliatan lautnya cantik. Langitnya cantik. Bagus bgt pemandangannya. 

Pisah lagi karena beda kelompok. 

Jalan sama 2 kohai. 
Satu kelompok bertiga. Ada 1 orang jepang yg jadi pemandu. Masnya umur 35. Tapi masih keliatan muda bgt. Kirain dia bohong. Kata kohai 1, dia mikir kalo masnya itu umurnya 25. Kan, nggak cuma aku yg mikir masnya muda. Orang jepang curang. Baby face semua. Haha. 

Abis jalan-jalan ke machi, american fest, ke aquarium, naik kapal. Jalan-jalan bebas. 
Aku dah bilang ke kohai, aku ke toilet yak (keseringan ke toilet ya hahaha). Aku bakal balik ke sini lagi. Eehh malah ditinggal. Hahaha. Jadilah aku clingak-clinguk sendirian. Di dalem nggak ada orang-orang. Di luar panas. Jadinya aku duduk di bangku deket tembok yg ada kipas angin super gede yg bisa ngeluarin butiran-butiran air! Namanya super jet fogger. Pokoke kipas favorit pas musim panas! 
Duduk di bangku sms kohai2, lagi dimana? Nggak ada yg bales. Telpon. Nggak ada yg angkat. Yasudah lah. 

Bosen duduk, jalan lagi. 
Ada yg jualan soft ice, beli. Rasa coklat! Hahaha. 

Eh tiba-tiba muncul dua kohai. Darimana saja kalian? 
Terus kohai 1 bilang: yabai!
R: kenapa? Pengen makan eskrim juga? Haha
K1: bukan. (Buru2 ngeluarin tisu). Ini pake. 
R: (baru nyadar kalo es leleh kemana-mana). Huuu arigatou. (Terharu. Kohai yg biasanya cuek dan dingin dan nggak suka diajak ngobrol tiba2 ngasih tisu. Hiks. Udah ah lebai. Haha)

Balik ke bis. 
Duduk lagi sama mbak2 korea. 
Ngobrol macem-macem. 
R: aku pengen ke korea. 
A: iya? Dateng aja! Kalo ke seoul bagus. Tapi yg deket dari sini busan. Itu juga bagus kok. Dari hakata naik kapal 3 jam bisa sampe. Mending sama temen yg banyak biar bisa murah. 
R: eh emang bisa murah kalo banyak temennya?
A: eh gtw. Emang biasanya nggak gitu?
R: hehe. Iya mungkin. Di korea yg bagus apa?
A: di seoul bagus banyak macem-macem. Tapi di busan itu ada satu pantai yg bagus. Sering ada acara festival film tingkat dunia di situ. Tau kan acara yang blablabla..
R: ehehe nggak tau. Hahaha
A: iya pokoknya di situ bagus lah. Eh ini aku kasih tisu ya. Itu tangan kamu belepotan. 
R: duh maaf nih mbak ngerepotin (makan eskrim nggak pernah rapi -_-)
A: ih nggak papa. Ini pake aja (ngeluarin tisu basah)
R: mbak sering bawa ini kemana2?
A: iya buat lap kringet. Nggak enak kan kalo bau2 keringet gitu. 
R: iya sih. Hehehe. Makasih ya mbak. 
A: itu bisa ngilangin kuman jg kayaknya. Hehehe. 
R: wah canggih nih. Makasih mbak! kalo aku pengen ke ini. Ke tempat yg buat film, drama, tempat aslinya. Tempat apa namanya?
A: tempat syuting?
R: ah iya. Ahhahahaaha. Bagus nggak sih?
A: lebih baik jangan deh. Di sana di film atau dramanya aja yg bagus. Aslinya nggak terlalu bagus. Nyesel deh kalo ke sana. 
R: hee segitu bgt yak. 
A: iya. Mending ke tempat lain aja. 
R: hoo. Oke. 
A: emang suka nonton film korea? Artis korea ada yg suka?
R: hmm suka sih nontonnya. Nonton aja sih suka. Tapi artisnya nggak ada yg kenal. Hahaha. Jarang nonton sih soalnya. Tapi kalo nonton suka. Hmm gitu lah. Hahaha. Temen-temen aku tuh banyak bgt yg suka. 
A: nggak papa. Aku udah seneng kok dengernya kalo kamu suka nonton film korea. terus kalo ke sana bagusnya kalo nggak musim semi, musim gugur. 
R: kalo musim dingin, dingin bgt yak?
A: iya kalo musim dingin dingin bgt. Panas panas bgt. Kalo kamu nggak kuat panas ya mending ke sana pas dingin. Kalo kuat panas ya pas panas. 
R: tapi sama jepang lebih dingin di sana ya? 
A: iya kalo seoul lebih dingin. Tapi kalo busan nggak terlalu kok. 
R: hoo. Tapi libur lama di musim gugur itu nggak ada e. selalu ada sekolah. Full. 
A: iya sih susah juga ya. Tapi musim gugur itu yg paling bagus deh beneran. Ah iya tukeran alamat imel yok!
R: yok!
A: bentar ya aku ambil dulu hapenya. Duh dimana yak. 
R: ini tulis aja di sini lebih cepet kan?
A: ah iya! Duh tapi lupa alamat yg belakang. Gimana ya. Gimana ini. Alamat imel sendiri lupa! (Terasa familiar bgt sama kalimat ini hahaaha)
R: liat hp deh. Biasanya di bagian nulis imel ada. (Dih semuanya pake huruf bulet-bulet).
A: duh gimana dong. Aku harus turun. Duh maaf ya. 
R: ah iya maaf ya. 

Dan akhirnya nggak dapet alamatnya. Selalu begini. Telat minta alamat imel. Huft. 

Tapi aku senang. Bisa ngobrol banyak selain sama anak monbu. Rasanya udah lamaaaaa bgt nggak ngobrol banyak. Sayang bgt nggak dapet alamat imelnya. 

Eh tapi tadi di angket, aku bilang kalo aku dapet temen baru namanya ini ini ini. Tapi nggak dapet alamat imelnya. Kalo tau tolong kasih tau ya. Aku tulis alamat imel akh di situ. Semoga ada yg mau ngasih tau. Hmm. Udah kayak curhat aja angketnya hahahaha. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar