Rabu, 17 Oktober 2012

Kao

Baru selese maen ke kao(花王).
Pabriknya ada di shinjuku(新竹). Dari taipei(台北) sekitar 1.5 jam naik bis lewat tol, ke arah utara.
Dijelasin macem-macem. Jadi tau kalo kao itu asalnya sabun cuci muka, perusahaannya muncul sekitar 50 taun yang lalu. Orang-orang nyebut sabun itu kao(顔), yang artinya muka. Terus lama-lama dikasih nama kao juga, tapi beda kanji. Terus lambangnya juga mengalami perubahan beberapa kali sampe ke kao yang sekarang, bulan sabit ada wajah orang senyum sama tulisan kao.
Sekarang produk kao macem-macem: attack(detergent), biore(sabun mandi, sabun muka), liese(sampo), popok, bahan kimia, dll.
Pabrik yang di taiwan ini bikin produk yang diekspor ke negara lain juga. Ada juga produk yang dibikin di jepang, dijual di taiwan.
Produk kao sekarang nomer 1 di taiwan, ngalahin p&g yang sebelumnya selalu jadi nomer satu.
Kao ini kalo bikin sesuatu, disesuaikan dengan selera penduduk lokal. Misal: orang taiwan sangat suka jepang dan kalau mandi sebelum tidur. Maka dibuatlah sabun cair dengan aroma cosmos(kalo di jawa namanya kembang seruni). Kenapa cosmos? Karena cosmos sangat terkenal di jepang dan warga taiwan memang sangat suka jepang. Di kemasannya juga ditulis, aroma cosmos nagasaki jepang. Jadi harapannya, orang yang pernah ke jepang dan liat kosmos, jadi inget dan beli. Orang yang belum pernah ke jepang, bisa jadi muncul image tentang jepang dan beli.
Aroma cosmosnya sangat kuat, sampe belum dibuka aja udah kecium wanginya. Kenapa? Tadi udah disebutin kalo orang taiwan mandi sebelum tidur. Terus lagi, kamar mandinya deket kamar tidur. Jadi abis mandi masih kecium baunya, lebih gampang tidur. Gitu katanya.
Di taiwan utara, airnya sadah jadi sampo juga susah berbusa. Nah sekarang di kao lagi ada penelitian gimana caranya biar samponya tetep berbusa walau pake air apapun.
Keren ya kao. Bisa nyesuaiin sama penduduk setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar