Selasa, 16 Oktober 2012

高雄ー台北の4E

Takao(kaohsiung) kota paling maju di taiwan bagian selatan. Taipei, ibukota taiwan. Ada di bagian utara. Takao-taipei sekitar 8 jam kalo naik mobil. Bahkan lebih cepet dibanding jakarta-tayu. Berarti besarnya taiwan lebih kecil dari pulau jawa. Ampun kecil banget.
Penduduk takao lebih suka naik motor dibanding kereta. Di sana ada mrt. Tapi perusahaan mrt sering rugi karena jarang ada yang naik kereta.
Mirip orang indonesia. Belanja 50 meter naik motor. Mereka kurang suka jalan juga karena memang panas suhunya. Kemaren aja 30 derajat. Kalo liat rumahnya jadi inget glodok, jatinegara, priok. Jendelanya rata-rata dikasih teralis. Tapi rumah yang di pinggiran, beda lagi. Rumahnya gede bentuknya kotak-kotak dengan banyak jendela. Atapnya segitiga tumpul. Beda sama rumah model jepang atau indonesia. Penggunaan warna lebih berani daripada jepang. Ada juga rumah warna merah, biru, dll.
Banyak warung pinggir jalan juga, mirip di indonesia. Katanya sih banyak cewek tetep kerja walaupun udah nikah. Dan mereka males bikin bento. Suka jajan di luar jadilah banyak warung-warung.
Udah dua kali makan di resto, enak. Kalo di jepang, makan kayak gitu bisa 10.000 kalo kata sensei. Tapi di takao cuman 2000-3000. Emang harganya lebih murah dibanding jepang.
Makannya di meja bunder, satu meja 9 orang. Caranya makanan dikeluarin satu persatu sampai mejanya penuh. Kalo makanan udah abis, dateng lagi piring/mangkok baru. Dua kali makan kayak gitu dan selalu dikasih makanan sendiri di piring/mangkok. Enak kok. Walau kadang ada yang nggak sama. Misal: orang-orang makan semacam gyouza tapi bentuknya bulet, kita dikasih semacam risol atau timus.
Menurut aku sama amma, makanan semuanya enak. Tapi kalo menurut temen-temen, ada yang nggak enak. Kurang cocok sama lidah jepang.
Hari ini sarapan di hotel. Enak. Modelnya milih makanan sendiri mana yang disuka, atau baikinggu.
Nemu bakpo enak banget parah. Isinya campuran antara rasa kacang ijo sama nanas dikit.
Hotel yang ditempati pertama kali itu namanya the splendor. Bangunannya paling tinggi di taiwan selatan. 85 lantai. Katanya, itu kado ulang taun buat kakeknya orang yang punya hotel. Kemaren nginep di kamar 5616.
Abis sarapan ke pabrik namanya taichin. Masih sodaraan sama dainiseika. Bikin wallpaper, bahan jok mobil, bahan jaket kulit, dll.
Abis makan siang, mampir ke toko oleh-oleh bebas pajak. Beli manisan biji teratai(220 gen, sekitar 660 yen) sama gantungan hape(110 gen-harga asli padahal 180 gen :p).
Dianterin bisnya ke stasiun, jam 2 naik shinkansen ke taipei. Takao-taipei 2 jam.
Masih terpesona sama bis di taiwan. Bisnya tinggi, mirip haryanto bagasi di bawah.
Tapi ambil bagasi sama pintu masuk jadi satu. Dan ada satu pintu lagi di depan. Posisi sopirnya di bawah. Penumpangnya di atas. Dan interiornya keren abis. Ada micnya juga. Bisnya emang khusus buat wisatawan sih. Bagus.
Banyak banget bis-bis kayak gitu, berarti turisnya juga banyak.
Ah iya, kemaren juga sempet ke night market. Semacam pasar malam. Tapi yang dijual kebanyakan adalah makanan nggak biasa. Kalo ini aku juga nggak bisa makan. Bayangkan, kuku ayam, kepala bebek, leher ayam, tahu bau(serius, kanjinya juga artinya tahu bau), dll. Tahu bau ini yg paling terkenal dan favoritnya warga taiwan. Berdiri di deketnya aja pengen muntah aku.
Ada juga yang jual timun putih pahit(ini nama terjemahan sesuai kanji :p), jambu biji, srikaya, buah naga, ikan-ikan seger, casing hp, jepit rambut, es krim, jam tangan, kacamata item, dll. Jam tangan harganya 199 gen. Kalo kacamata 399 gen. Pas udah naik bis mau balik hotel, kata pemandu wisatanya harga asli sebenernya 100 gen. Kena tipu dah mereka.
Takao secara keseluruhan menyenangkan. Kotanya bersih. Penduduknya dikit dibanding jakarta. Ada juga pelanggaran lalin semacam nyebrang sembarangan, motor lewat trotoar, tapi itu jauh lebih sedikit dibanding di sudirman.
Cuman toiletnya nggak ada washlet. Kayaknya washlet cuman ada di jepang yak. Hehe. Dan lagi bedanya, tisu toiletnya nggak dibuang ke toilet.
Kereta juga tepat waktu.
Taiwan walau kecil gitu sukunya macem-macem. Jadi kalau di kereta, pengumuman apa-apa pake 4 bahasa rata-rata. 3 bahasa suku di taiwan, satu lagi inggris.
Taiwan banyak gunung dan pegunungan di bagian timur, jadi susah dijadiin tempat tinggal. Makanya shinkansen, jalan tol, banyaknya ada di bagian barat pulau.
Di taiwan juga banyak terowongan membelah gunung. Air sungai, laut, danau juga bersih. Kapan indonesia?
Air keran juga bisa diminum kayak di jepang. Tapi karena airnya air sadah, orang jepang nggak minum soalnya mereka kebiasa minum air lunak. Kalo biasa lunak minum sadah, bisa sakit perut. Makanya mereka pada beli air mineral di convenient store(kombini semacam 7eleven, family mart). Orang indonesia biasa sadah jadi aman-aman aja. Bedanya lagi, orang indonesia suka banget nyobain yang baru-baru. Di kombini kemaren, kita beli makanan minuman yang sama sekali belum pernah diliat, tapi orang jepang belinya yang ada di jepang juga jadi mereka ngerasa aman, ayem.
Setiap selese maen ke pabrik selalu penasaran sama pabrik di indonesia. Ada apa di sana? Pengen maen-maen juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar