Sabtu, 26 Februari 2011

perpisahan dan pertemuan


hotaru no hikari, mado no yuki,
fumi yomu tsukibi, kasane tsutsu
itsushika toshi mo, sugi no towo,
aketezo kesa wa, wakare yuku.

ほたるのひかり、まどのゆき、
書(ふみ)よむつき日、かさねつつ、
いつしか年も、すぎのとを、
あけてぞけさは、わかれゆく。

tomaru mo yuku mo, kagiri tote,
katamini omou, chiyorozu no,
kokoro no hashi wo, hitokoto ni,
sakiku to bakari, utau nari.
とまるもゆくも、かぎりとて、
かたみにおもふ、ちよろづの、
こころのはしを、ひとことに、
さきくとばかり、うたふなり。


dulu. jaman masih sd.
kamu sahabat terbaikku. kemana-mana bareng-bareng.
sahabat terbaik bukan berarti tanpa pertengkaran.
bahkan hampir tiap hari kita berantem. tapi itulah serunya.
aku yang cenderung pasif, klop banget sama kamu yang sangat populer. bisa menguasai semua anak di kelas kala itu.
tapi kebersamaan kita hanya bisa bertahan sebentar. di akhir tahun ketiga, aku pindah ke sekolah lain.
kita sangat sedih waktu itu. saling berjanji untuk bertemu lagi suatu hari nanti.
di sd yang baru.
menjadi anak baru bukanlah hal yang mudah. aku yang kuper dan luar biasa pemalu, hampir tidak berkata sepatah katapun seandainya bukan kalian yang menanyaiku ini itu.
ada banyak teman baik. kamu salah satunya. tiap pagi kita selalu bermain 'jontit jomplang' di tk belakang sekolah kita. saat istirahat tiba, kita membeli misari bersama. kamu sangat energik dan akrab dengan semua teman.
teman baikku yang satu lagi. agak pemalu dan sedikit misterius. tapi kamu juga bisa gila saat kita bersama. aku sangat ingat saat ke rumahmu dan kita berjalan-jalan di atas genteng. aku juga suka jambu biji di depan rumahmu itu.
teman baikku yang lain, kamu sangat dewasa. apakah karena umurmu yang satu tahun di atasku. aku tak peduli. aku merasa nyaman di dekatmu. kita sering bercerita tentang cita-cita. dan kamu sering mengenalkanku dengan lagu-lagu hits saat itu. ya, aku memang sangat kuper dan bukanlah anak gahol. aku hanya biasa mendengarkan tembang jawa dan dangdut, dua siaran radio favorit mbahku kala itu.

ya, itu sahabat-sahabat terbaikku saat sd.
selama sd, aku mengalami perpisahan dan pertemuan di saat bersamaan.
di saat akan berpisah, tentu hati sakit luar biasa. ingin aku mengajak semua sahabat terbaikku ke tempat aku berada. tapi itu tak mungkin.
nyatanya, setelah perpisahan aku menemukan sahabat baru yang tak kalah baik. mereka juga sahabat yang luar biasa.
ya, dari kecil memang aku terbiasa menghadapi perpisahan.
tapi entah kenapa setiap aku berhadapan lagi dengannya, hati ini seakan tak rela.
senyuuuum.
seperti kata lagu di atas, lagu yang akan kami nyanyikan di saat wisuda nanti.
banyak yang ingin disampaikan, tapi lidah ini kelu. dan hanya bisa berdoa semoga kalian selalu sukses.
はい、一緒に頑張ろう!!!

2 komentar: