Kamis, 17 Juli 2014

Aku tadi baito, di pabrik yang namanya imuraya. Pabrik ini bikin bumbu macem-macem, semacam dashi, miso, dll. Hahaha
Dll. 

Nah aku baito di sana buat jadi salah satu halal iinkai membaa. ハラール委員会メンバー. Anggotanya ada sekitar 10 orang termasuk aku sama amma. 

Tugasnya iinkai itu adalah membahas perkembangan produk halal yang mereka buat, rapat sebulan sekali. Dibahas kekurangannya apa, gimana cara ngatasinnya, dll. 
Jadi imuraya ini lagi mau bikin produk halal yang bener-bener halal, dapet sertifikat halal yg diakui sama japan halal association, yg diakui juga sama jakim, majelis halalnya malaysia. 
Kenapa imuraya mau buat bumbu halal? Karena muslim di jepang lumayan jumlahnya, kalo mereka berhasil bikin yg bener-bener halal, mereka pasti keuntungannya bakal gede banget. Belum lagi kalau diekspor ke indonesia, malaysia, singapura. Wiii

Terus aku ngapain? 
Aku sama amma. 
Aku sama amma ikut rapatnya, dari awal sampe akhir. Nyatet-nyatet. Dengerin. 
Ini baru dua kali. Jadi belum terlalu paham mereka sebenernya gimana. Tapi ya seenggaknya udah agak paham lah dibanding rapat pertama bulan lalu. 

Kenapa mereka repot-repot minta aku sama amma buat dateng, ngeluarin uang 1000 yen perjam? Dua jam setiap bulan? 
Karena di buku panduan buat dapet sertifikat halal dari jha itu ya sebisa mungkin ada dua orang muslim di dalam iinkai. 

Jadi kalau ada yang melenceng, aku sama amma diminta buat benerin. 

Ha tapi selama rapat aku diem doang. Hahaha
Hmm. 

Nggak papa. Itung-itung pengalaman cuy. 

Mereka ini niat banget parah. 
Bikin alatnya khusus buat ngolah bumbu halal, bikin kulkas khusus buat nyimpen bahan halal. Padahal kalau dibanding sama produk mereka yg lain, produk halal ini masih sedikit karena emang baru mau mulai. Tapi kulkasnya gedeee. Jadi masih kosong banyak. Terus mau diisi sama susu kedelai tapi nggak ada sertifikat halal, tapi kalau dipikir ya nggak haram juga lah orang cuma susu kedelai. Tapi mereka nggak berani. Jadi mereka mau tanya dulu ke orang jha. Benar-benar patuh aturan banget kan. 

Terus aku jadi tau kalau nggak semua bahan dashi itu adalah dihasilkan dari pabrik mereka sendiri. Ada beli dari perusahaan lain juga. Ada gula, garam, katsuo bushi, ajinomoto, minyak goreng, dll. Yang produk mereka sendiri cuma satu, namanya ekstrak hal bonito. Hmm ini apa aku juga nggak tau.  Dan bahan-bahan lain yang mereka beli itu, juga punya sertifikat halal yang diakui sama jakim. Dan mereka juga memastikan ke produsen kalau sertifikat halal mereka memang masih berlaku, jadi setiap 3 bulan mereka bakal ngecek, tanya ke produsen. Dan mereka minta ke produsen buat ngasih tau kapanpun kalau sertifikat halalnya akan dicabut, harus ngasih tau imuraya. Beneran serius banget emang. Nggak main-main. 

Dan aku jadi tau kenapa mereka ambil sertifikat halal dari lembaga punya jepang. Soalnya dulu ada perusahaan di jepang yg ambil dari jakim, malaysia. Pas mau dijual di indonesia, indonesia nggak mau menerima. Mui nggak nerima. Terus ada juga perusahaan yang ambil dari mui, tapi nggak diterima sama jakim. 

Ribet kan. Padahal di atas kertas, jakim mau menerima mui. Dan sebaliknya. Tapi kenyataannya begitu. 

Terus aku malah jadi tau sekarang NU bikin sertifikat halal juga yak? 
Hmmm belum pernah denger yang ini. Kok bapaknya lebih tau banyak daripada aku yak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar