Senin, 12 Mei 2014

Dulu pas sd pernah diajarin begini. Taneman itu kalo siang fotosintesis, ngeluarin oksigen. Kita nafas butuh oksigen. Jadi kalo ada taneman, bagus buat kita. Persediaan oksigen yang bisa dihirup tambah banyak soalnya. 
Tapi kalo malem, tanaman itu nggak bisa fotosintesis, karena nggak ada sinar matahari. Taneman cuma bisa nafas biasa kayak kita, nyerap oksigen dan ngeluarin karbondioksida. Jadi malah saingan sama kita. Mereka ngurangin jumlah oksigen dan nambahin karbondioksida. Jadi nggak bagus. Lebih baik kalo malem, taneman ditaruh di luar ruangan aja. 


Nah sekarang kadang mikir. Kalo misal, ada orang lain selain aku sendiri di satu ruangan, berarti aku dan dia saingan juga dong. Nyerep oksigen, buang karbondioksida. Lah kenapa aku ngerasa baik-baik aja? Kenapa nggak kepikiran buat naruh dia di luar biar kami nggak saingan? 

Haaa pusing kan. 



Yang kasihan justru tanemannya nggak sih, ditaruh di ruangan kalo siang, nggak dapet sinar matahari, dan kalo malem nggak dapet lampu dengan panjang gelombang yang sama dengan yang dibutuhkan untuk fotosintesis, dia gimana caranya bisa fotosintesis? 



Haaa pusing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar