Jumat, 06 Desember 2013

Mindo

Buyut: "Kuwe mindo ka?"
R: "Mindo?"
Buyut: "Iyo. Iko lo aku mou wes masak. Mindo ya? Tak pekno piringe ya?"

Dulu aku nggak tau artinya "mindo". Aku pikir artinya adalah makan mi. Karena aku suka mi (suka apa aja sih sebenernya, kecuali pete) jadi aku mau "mindo".

Pas udah sampe dapur, nggak ada mi!
Adanya nasi sama lauk pauk tapi nggak ada mi. Aku bingung. Tapi karena udah terlanjur diambilin piringnya ya aku makan. Hahaha. 
Diketawain sama bue karena aku nggak tau artinya mindo. Yang ternyata artinya nggak ada di bahasa indonesia. Hahaha

Mindo. Mindo ini berasal dari pindo. Yang artinya dua. Contoh: ping piro? Ping pindo! (Berapa kali? Dua kali!)
M itu artinya melakukan. 
Jadi kalo diterjemahkan langsung, jadi "melakukan dua". 
Maksudnya makan lagi setelah tadi udah makan besar juga sebenernya. 
Hmmm susah yak. 
Kasih contoh deh. Gini: siang jam 1 udah makan siang. Kenyang. Beraktivitas lagi. Terus jam 2 makan siang lagi. Nah makan yang jam 2 itu namanya mindo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar