Sabtu, 05 Oktober 2013

Laserin


Di botol laserin, ada tulisan:
"INDIKASI : 
Menyembuhkan dengan segera : 
BATUK, ASTHMA, SELESMA, MASUK ANGIN, MUNTAH-MUNTAH, SAKIT PERUT, GANGGUAN-GANGGUAN ALAT PENCERNAAN dan KURANG NAFSU MAKAN." 

Nggak dikasih tau dengan jelas, "segera" ini maksudnya seberapa cepat. Sekali minum? Satu hari? Dua hari? Satu minggu? 

"KURANG NAFSU MAKAN." Berarti kalau aku lagi batuk terus minum laserin, nggak cuma batuknya aja hilang, tapi nafsu makan juga bertambah? Bahaya!

Terus ada lagi, di bawahnya ada 
"KOMPOSISI :
Tiap sendok makan (15 ml) mengandung 
Herb. Euph. H.    0.15 g
Rhiz. Zing. Offic.   6 g
Cort. Ciaoi           0.16 ml 
.....
....
...
dalam sirop sampai 15 ml."
 
Aku cuman ngerti Rhiz. Zing. Offic. aja sih. Jahe. 

Oke. Bukan itu masalahnya. 
Tapi, di bagian depan botol, tulisannya "netto 30 ml".

Berarti harusnya, 30:15=2. Hanya dengan dua kali minum, bisa habis itu satu botol. 

Dan di bagian belakang botol ada tulisannya,
"DOSIS :
Dewasa : 3 x sehari : 1-2 sendok makan
....
....
Atau menurut petunjuk dokter."
Kalau ada yang nggak mau repot, baca netto 30 ml, dan satu sendok makan 15 ml, bisa aja sekali minum langsung dihabisin satu botol. Langsung minum dari botolnya. Soalnya, ada tulisannya kan, dosis dewasa 1-2 sendok makan. Nah berarti kalau 3 kali sehari bisa habis tiga botol dalam sehari! Wahhh. 

Padahal, aku punya laserin tinggal setengah. Yang setengah itu aku minum tiga kali baru habis. Berarti harusnya, kalo liat komposisi satu sendok makan=15 ml, harusnya netto 15x6=90 ml dong. Atau, kalau ikut netto=30 ml, satu sendok makan harusnya 30:6=5 ml dong. Nah looooooo! 

Tapi kalo aku inget-inget praktikum di lab, pipet yang 10 ml sama 5 ml harusnya lebih banyak 10 ml kan ya isinya. Tapi kok kayaknya volume cairan satu sendok makan lebih banyak dibanding volume cairan di dalam pipet 10 ml. Dan kalau inget gelas ukur, kayaknya untuk volume 30 ml, laserin itu terlalu banyak ya. Bayangin yang di laserin dimasukin ke gelas ukur sampai ke memori 30 ml, pasti masih nyisa deh di botolnya. Kalo diliat penampakannya sih, 50 ml lebih lah itu yang ada di botol laserin. 

Dan barusan gugel, katanya satu sendok makan itu adalah 15 ml. Kan, berarti bener yang di komposisi. Nggak mungkin netto 30 ml dong. 
Jangan-jangan....
Palingan salah cetak. Tapi kan udah terkenal banget ini laserin? Udah ada iklannya di tv. 

Kemungkinan lain: sendokku terlalu kecil sampai normalnya, satu sendok makan harusnya 15 ml malah di sendokku cuman muat 5 ml. 

Ah tau ah pusing. 

Aku sekali minum satu sendok. Mungkin ada yang minum 2 sendok. 
Antara "aku yang minum terlalu sedikit karena pake ukuran sendok makanku, yang baru bisa menghabiskan laserin dalam 6 kali minum" dan "mereka yang bisa menghabiskan 3 botol laserin dalam sehari!"

Terlalu jauh bedanya. 

Nanka kowai. Serem. Hiiiii



Jawabannya adalah:
Nggak ada yang salah dengan tulisan di botol laserin. Dia memang berisi 30 ml. Tadi siang bawa botol itu ke lab. Masukin air 50 ml ke gelas ukur. Air dari gelas ukur mau aku masukin semua ke botol laserin. Eh nggak bisa. Masih nyisa 20 ml. Berarti memang bener to laserin itu netto 30 ml. Lah yang salah berarti sendok makanku. Mungkin sendoknya kecil? Lah tapi itu udah gede banget sih menurut aku. Hmmm. Tapi tetep aja, masih bisa dibilang kecil kalo dibanding standar kedokteran yang 15 ml. Baiklah. 

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar