Minggu, 29 September 2013

(^^)

Tadi sama amma ketemu orang jepang, guru bahasa jepang buat orang indonesia yang magang di mitsubishi. 
Dijemput di asrama jam 9, sama istrinya. 
Naik mobil kira-kira 1,5 jam, sampai di rumah orangtua istrinya. Istrinya turun, kami bertiga lanjut ke tempat ngajarnya. Muridnya ada 12 orang. 
Aku sama amma dikasih kertas buat dihafal. Nanti ikut muridnya praktek percakapan. Aku sama amma jadi pemeran cewek. 
Muridnya awal-awal masih pada lucu, banyak yang nggak hafal. Tapi lama-lama pas maju ke depan satu-satu udah lancar semua. 
Bapaknya lucu kalo ngajar. 
Selesai praktek semuanya, tanya jawab. Gimana tips dan triknya biar semangat belajar bahasa jepang dan bisa lulus n1. Wehehehehehe aku sebenere juga kan nggak terlalu suka belajar yak. Jadi aku tau banget rasanya kalo lagi nggak pengen belajar itu gimana. Tapi kan nggak mungkin aku bilangnya, jangan belajar. Nggak mungkin. Jadi aku bilang aja, "jangan belajar kalo lagi nggak pengen. Harus suka dulu sama apa yang pengen dipelajari."
Itu tips yang menyesatkan mungkin yak hehehehe. 
Kalo si amma, "nggak usah nunggu suka dulu. Dipaksa buat dikerjain aja. Kalo nunggu suka dulu, bisa aja sampe kapan pun juga malah bakal nggak mulai-mulai."
Nah lho, bener juga sih. 
Ehehehe jadi ya silakan disimpulkan sendiri mana yang lebih cocok, yang lebih pas. Hihihi. 
Iya mereka kan capek ya. Kalo nggak lembur, jam 6 pulang. Tapi kebanyakan, hampir selalu ada lembur. Pulangnya jadi jam 8, jam 9. Sampe rumah capek. 
Jadi lebih baik, sampe rumah langsung tidur aja, bangun paginya dibikin lebih pagi buat belajar. Iya, enak emang abis subuh belajar. 
Terus ada lagi yang tanya, doanya apa biar lulus n1? Ini nggak tau aku harus jawab apa. Biasa aja sih doanya, kalo mau ditambah ya silakan. Mau sholat tahajud, dhuha, hajat, silakan. Doa khususnya nggak ada. 
Lucu ya rasanya. Jadi gini kali ya kalo jadi guru. Ngasih tau A ke B, nanti yang C tanya lagi pertanyaan yang sama kayak yang ditanyain B. jawabannya ya sama A juga, tapi nggak mungkin sama persis. Harus ada modifikasinya dikit. Mungkin dikasih tambahan dikit di awal, mungkin susunan katanya agak diubah.

Jadi gimana ceritanya bisa kenal mereka? 
Taun lalu, desember. Aku sama amma ikut tes jlpt di sasebo. Bapak gurunya yang emang suka jalan-jalan dan sering ke indonesia, langsung bisa paham kalo kami orang indonesia pas liat aku sama amma. Waktu itu si bapak nganterin muridnya buat ikut tes juga. Kenalan, tukeran nomer hape. Pulang tes, dianterin bapaknya pulang sampe asrama. Selesai. Nggak pernah ada kontak lagi. Dikasih nomer hape juga nggak pernah aku telpon atau sms. Hihihi. Terus tiba-tiba sekitar dua minggu yang lalu, bapaknya telpon. Nanyain kabar dan minta ketemu, buat ngasih motivasi ke murid-muridnya, katanya. Berhubung deket-deket ujian, baru bisa ketemu hari ini. 

Selesai ketemu para pemuda magang, kami diajak makan udon di marugame udon. Enak mienya kenyal-kenyal. Beda sama suzuki. Suzuki juga enak kok, masing-masing punya ciri khas. 
Sejak saat itu, disuruh manggilnya ayah sama ibu. Weeheheehe tambah lagi orang baik yang mau menerima kami seperti anaknya. Hiks terharu hiks. 

Abis makan, diajak ke dejima sama china town. Oke, ini aku sama amma yang minta sih. Ditanyain pengen jalan-jalan ke mana di nagasaki. Jawabnya ke sana yaudah capcus. 

Tanoshikattaaaa!
Disuruh maen ke rumahnya. Kalo dateng dibikinin roti sama ibu, istrinya ayah. Kapan-kapan harus maen ke sana! Rumah ayah sama ibu di sasebo kok, dan anak-anaknya udah gede, udah nggak di rumah lagi. Tinggal ayah sama ibu berdua, plus kucing namanya maruchan sama miawmiawchan. Lucu ya hihihihi. 

Selama di jalan berangkat, diajarin macem-macem peribahasa jepang. 
Karite kita neko: malu-malu kucing. 
Ichigoichie: setiap pertemuan, bisa jadi merupakan pertemuan terakhir. Kita nggak tau kapan mati. Bisa jadi di antara dua orang yang bertemu, salah satu di antara mereka mati pas di jalan pulang. Jadi setiap ada kesempatan (bertemu dengan orang lain), harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Belum tentu besok masih ada, masih ada lusa, minggu depan, bulan depan, taun depan. Bisa jadi ini detik terakhir yang kita punya. 
Sama ada satu lagi tapi lupa bahasa jepangnya apa. Yang jelas artinya, orang itu bisa menjadi manusia seutuhnya yang paham akan aturan dan tidak menyakiti yang lain kalau punya pakan, sandang, papan. Jadi kalo masih ada yang kurang, itu biasanya mikirnya nggak bener. Jadi selama masih muda harus dimanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk bisa memenuhi itu semua. Kalo kelebihan juga nggak bagus sih, yang penting cukup. Biar bisa dapet ketiganya, harus punya uang. Biar punya uang, harus punya keahlian. Biar punya keahlian, harus belajar. 
Horaaaa kita yo! Belajar! 

Alhamdulillah udah nggak pusing lagi. Pilek sama batuknya masih ada sih, tapi udah nggak kayak kemaren yang bener-bener pilek banget nggak bisa pisah sama tisu. 

Dan sampe asrama, jam 8 pas mau makan, anak-anak cowok pada beresin dapur. Bawa penghisap debu segala. Kompor diangkat, meja bawahnya kompor dilap, meja makan keliatan bersih abis dilap, kursi abis dilap, sampah-sampah peninggalan senpai dimasukin ke plastik. Nggak mungkin dong aku diem aja. Amma juga langsung ambil kain sama sponge cuci piring buat ngepel lantai. Padahal katanya dia laper, tadinya ke situ mau makan. Kalo aku sih udah makan apel sama pisang jadi nggak terlalu laper. Aku ikut amma ambil sponge sama kain yang udah dekil. Selese langsung dibuang. Nggak tau anak-anak lagi kenapa yak. Kata amma, "mereka abis mimpi apa ya tiba-tiba jadi rajin." Beneran deh, selama ini cuek banget. Plastik sisa belanja aja dibiarin gitu aja di atas meja makan. Panci bekas masak juga dibiarin kotor nggak dicuci-cuci. Mau sekotor apapun meja makan, nggak ada yang mau ngelap. Lantai penuh debu juga nggak disapu. Biasanya aku sama amma udah risih duluan sih. Langsung bersih-bersih kalo udah ngerasa nggak enak. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini capek dicuekin terus. Rasanya kok percuma ya bersih-bersih kalo mereka seenaknya aja ngotorin. Akhirnya kami beneran nggak bersihin itu semua. Hahahaha. Sampe hari ini tiba-tiba mereka jadi rajin. Semoga selamanya rajin ya. Dan tiba-tiba pas udah mau selese, nima bilang ke aku sama amma, "gomen ya, kalian malah jadi ikut bersih-bersih." 
Haaaaaaaa kok dia jadi baik banget? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar