Sabtu, 13 Juli 2013

Ra roh? Ra reti? Ra dong?

Aneh sekali rasanya kalo ketemu orang yg bisa ngomong boso jowo dan tiba-tiba ngobrolnya nggak pake boso jowo. Aneh aja. Aneh. 
Dulu sma dua taun di jakarta, tiap hari ngobrol juga pake boso jowo, kecuali kalo sama guru atau temen2 yg emang nggak bisa boso jowo. 
Dulu, pertama masuk asrama azka, ketemu ning. Hal pertama yg aku tanya setelah nama dan asal daerah: bisa ngomong bahasa jawa? Dan ketika dia jawab bisa, mulailah ngomong pake boso jowo. Bahkan lili pun bisa ngomong lancar selancar-lancarnya pake boso jowo. Kalo kayak ujian jlpt, dia bisa dapet sertifikat n1 kali. Btw lili, ayah ibunya orang surabaya asli tapi dari kecil tinggal di bekasi. Dia tadinya cuma bisa ngerti aja tanpa bisa ngomong jowo. Dan setelah dua tahun, dia lancar! Dia bahkan menguasai dialek pati dan magelang-solotigo! Hidup boso jowo! Tapi sekarang kayaknya udah lupa lagi karena jarang ada yg ngajak ngobrol pake boso jowo. 
Di sini, dari awal ketemu oky langsung ngomong jowo. Nggak tau kenapa aneh aja kalo ngomong pake boso indonesia sama oky. Kecuali kalo selain kita berdua ada orang lain, baru pake indonesia. 
Tapi entah ya. Ada banyak yang bisa boso jowo tapi justru kerasa aneh kalo ngomong jowo sama mereka. Nyamannya sama oky aja. Hahahaha. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar