Minggu, 23 Juni 2013

Foods

Halooooo. 
Udah lama ya nggak nulis di sini. Ada yang kehilangan karena aku nggak muncul-muncul? Huahahhaahaha. 
Yang ada, -sadar aja nggak kamu ngilang riz- they said. Haha. 

Jadi kemaren ada lah sesuatu yg bikin hectic banget. Aaaa. Haha. Nggak enak lah. Jadi daripada ngomel-ngomel di sini mending nggak usah ditulis aja kan. 

Sekarang mari kita ngomongin sayur. Bukan sayur aja sih. Semuanya. Lauk pauk. Ikan daging sayur mayur makanan temennya nasi itu. 
Jadi dulu pas kecil, nggak suka banget makan makanan kemaren. Makanan kemaren. Masakan buat temennya nasi yang baruuu aja dimasak kemaren. Aku nggak mau makan kecuali dikit dan mukanya juga nggak enak banget. 
Ini makanan apa sih. Udah kemaren juga masih disuruh makan. Nggak enak. Bentuknya jelek. Begitu aku mikirnya dulu. 

Maap banget buat para lauk pauk yang sudah aku sia-siakan dulu. Yang udah aku kasih muka eneg. Maap bgt. Aaaaa. Merasa bersalah bgt kan kalo inget. 

Dulu sering dimarahin juga. Sama semuanya. Bue, mbah, lek tri, lek lilik. 

Tapi seringnya nggak mempan. Masih aja makannya ogah-ogahan. 

Sampe pernah bue marah bgt kayaknya. Nggak suka bgt aku kayak gitu.  Bilang gini, "nanti kalo kamu dibales sama anakmu gimana?" 
"Ha? Dibales gimana maksudnya buk?"
"Dibales anakmu nggak mau makan makanan kemaren. Kamu udah capek-capek masakin tapi nggak dimakan. Masak tiap hari kan juga nggak mungkin. Ada saatnya kamu capek banget pasti. Jadi nggak mungkin masak. Terus kamu lagi capek gitu, anakmu nggak mau makan. Cuman kamu aja yang makan makanan kemaren. Dan di saat kamu lagi capek gitu, harus masak lagi. Gimana?"
Aku cuman diem aja. Iya ya bener juga. Capek bgt pasti. Udah capek badan, capek pikiran juga pasti. Huhuhu. Maap buk. Tapi tetep diem. 
Dan di situ lagi ada lek tri waktu itu. 
"Dibales anakmu ka. Hihihihi."
"Aaaa nggak mauuuu. Iya buk aku makan ini. Enak!"
Kejadian jaman sd. 

Dan mulai sejak saat itu nggak nggak lagi menyepelekan makanan kemaren. Menganggap itu makanan sisa? Nggak! Rasanya aneh? Iya! Hahaha. Tapi itu adalah makanan yang sama dengan yang kamu buat hari ini. Makanan yang sama walaupun dia udah jadi makanan dua hari lagi, tiga hari lagi. Kalau emang dia belum busuk atau jamuran. Asal kita pinter ngerawatnya dia bisa awet kok. Dulu di rumah nggak ada kulkas dan makanan bisa awet kok. Hihihi. 

Kalau nggak setuju ya silakan. Ini bukan paksaan kok. Tapiiii aku suka nangis sendiri (di dalem hati ya), kalau liat orang buang makanan. Apalagi makanan yg dia buat sendiri. Itu makanan kamu sendiri yang bikin, terus kamu sendiri yang buang? Kok nggak tanggung jawab banget rasanya. Kalo nggak mampu buat ngabisin semuanya, masaknya dikit aja lah. Atau sekali makan, makannya dibanyakin biar cepet abis. Karena emang rasa makanan suka berubah kalo udah beberapa hari. Tapi plisss jangan dibuang. Masih banyak orang di luar sana yang untuk makan aja susah. Mending masaknya dikit aja terus uangnya kasih ke mereka. Atau masak yang banyak dan kasih sebagian ke mereka. Selesai kan?
Ada juga yang bilang dulu, "makanan itu yang berkah di bawah. Barokahnya banyak ngumpul di bawah. Kalo kamu nggak ngabisin makanan sampe abis, kamu cuma dapet dikiiit barokahnya." Ini sering banget denger. Dari banyak orang. Nggak tau ya bener atau nggak. Emang beneran gitu atau biar aku mau ngabisin makanan aja. Hehehe. 

Tapi plis jadilah orang yang bertanggung jawab dengan makanan kita. Dengan nggak membuang makanan itu juga wujud syukur kita kan?

Udah, selese gini aja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar