Selasa, 04 Juni 2013

Faktanya!!

Okishin machi atau okishin cho itu dulunya adalah laut. 
Jadi wajar kalo banyak genangan air di mana-mana kalo hujan. Seenggaknya ada lima tempat yg terdeteksi sampai saat ini. 
Di gerbang utama (ukurannya bisa mencapai 7m x 10 m), gerbang samping, taman tengah-tengah antara busshitsu dan denki, jalan menuju seibutsu tou dan kelas 5c (dalamnya bisa sampe 10 cm), tempat parkir. 
Mau ditimbun pake tanah sebanyak apapun, karena memang di bawahnya adalah laut, tetap dia akan balik lagi ke bentuknya yg suka menampung air hujan. 
Lapangan baseball juga bentuknya miring ke arah laut. Jadi kalo tarik tambang, yg lebih deket ke laut kemungkinan menangnya lebih gede. Memanfaatkan gaya gravitasi. Haha. 
Dan lagi, setiap taiikusai(festival olahraga, diadakan tiap tahun), pasti ada kegiatan memungut batu. Batu diambil biar lapangannya tetap mulus. Orang-orang yg olahraga nggak perlu gronjalan kalo kata wong njowo. Kalo di tempat lain, kegiatan memungut batu ini paling cuma bertahan beberapa taun karena batunya abis. Tapi karena sekolah kami spesial, lahannya merupakan hasil laut yg ditimbun, bayu-batu yg digunakan utk menimbun nggak pernah habis. Mereka selalu muncul ke permukaan dan minta dipungut. Hihihi. 
Bahkan kalo ada gempa, katakanlah 5 shindo, dari ruangan kelas kami, 5c lantainya bisa retak dan keluarlah air laut. 
Yak, di bawah semua ini adalah laut. 
Risoutekina kaiketsu houhou (cara penyelesaian masalah penggenangan air ini yang ideal):
Bangun bangunan khusus tempat parkir kayak yg di mall-mall. Biar nggak becek kalo jalan di antara seibutsu tou dan kelas 5c, bikin jalan penghubung di antara lantai 2 kelas 5c dan seibutsu tou. Dan pasang paku yg banyak di bawah tanah gerbang utama, samping, taman tengah. 
Masalahnya, pake uang siapa? Siapa yg mau bayarin? Hahahaha
Tapi siapa tau nanti tiba-tiba ada yg baik hati ngasih banyak sekali uang ke sekolah. 

^ dapet dari pelajaran nichibun (japanese & japanese culture) hari ini. 

Terus ada lagi dapet dari gijutsu rinri(ethics for engineers): 
Jembatan di jepang banyak yg sudah tua termakan usia. Dan banyak yang keropos. Bahkan ada yg tiba-tiba jatuh. Tepat setelah truk yg melewatinya sampai di ujung jembatan yang lain. Pernah mikir jembatan yg kamu lewati sebenarnya nggak baik-baik saja? Jujur baru tadi sih kepikirannya. 

Eh tapi bukan cuma jembatan, dulu pernah liat di berita jg ada tunnel yg roboh. 

 Maintenance Itu penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar