Selasa, 14 Mei 2013

Jetto kosutaaa, supiido ando suriiru (roller-coaster, speed and thrill)

Iya aku sempet suka roller-coaster.  Atau kalo di jepang dipanggilnya jetto kosutaa. 
Di space world pernah naik sampe berapa kali nggak keitung. Di tokyo dome juga sekitar dua kali kayaknya. 
Sempat ketagihan. Hehe
Tapi image roller-coaster langsung jatuh setelah pelajaran gijutsu sha rinri (ethic for engineers) hari ini. 
Pas pelajaran itu dikasih liat ada roller-coaster di osaka. Di 万博公園 tepatnya. Taman bermain yang mau aku datengin pas winter kemaren. Tapi salah beli tiket kereta jadinya nggak jadi berangkat ke sana hwhw. 
Jadi taun 2006, di taman itu ada satu orang meninggal dan 19 luka berat. Sebabnya, roda penyokong roller-coaster ada yang lepas. Roller-coaster nya ini model yang orangnya berdiri, bukan duduk. Jadi pas rodanya ada yang lepas, yang buat nahan orangnya oleng ke pinggir dan si mbaknya nabrak pagar pelindung di samping. 
Kok bisa?
Pihak taman bermain yang biasanya ngadain pengecekan setaun sekali tiap februari, taun itu nggak ngecek. Jadi mereka nggak tau kalo ada yang nggak beres di rodanya.
Kok bisa nggak ngecek? 
Jadi kejadiannya pas bulan mei tanggal 5. Pas golden week. 
Pihak taman bermain merasa harus bisa bersaing dengan usj (universal studios japan). Mereka nambah wahana baru biar bisa bersaing sama usj.  
Jadi uang yang harusnya buat ngecek, malah dialihkan ke beli wahana baru. 
Sebenernya, di JIS (japanese industrial standard), ada aturannya kalo roller coaster harus diperiksa minimal satu kali setahun. Tapi kepala bagian penanggung jawab roller-coaster di taman itu, bilang ke publik kalo dia nggak tau ada aturan kayak gitu. 
Kok bisaaa? Aneh ih. 
Dan lagi, di jepang ini banyak yang namanya shikaku (license). Terus kalo mau jadi ahli roller-coaster yang bisa ngecek kondisi roller-coaster masih bagus atau nggak, shikaku nya masih belum meyakinkan sebenernya. Kenapa? Karena soal tesnya ternyata bareng sama tes buat ahli lift (erebeeta). Soal tes tentang roller-coaster, cuma ada 7 soal di antara 40 soal. 
Kenapa dibikinnya bareng-bareng sama lift? Karena jumlah lift di jepang sangat banyak dan roller-coaster cuma ada 2000. Kata yang bikin soal sih gitu. Alasan yang tidak masuk akal ya. 2000 kan banyaaaak. Dan yang naik juga berarti bukan cuma 2000 orang doang lah. Dan lagi, mau sesedikit apapun, itu kan nyawa manusia pak!
Terus soal tes tentang roller-coasternya itu terlalu umum dan gampang. Kurang mendetail. Kata yang bikin berita sih gitu. Hihi
Dan ternyata, setelah diadakan survey ke seluruh roller-coaster di jepang, cuma 40% yang rajin ngecek kondisi roller-coasternya tiap tahun. 
Serem nggak sih?
Kalo di jepang, yg ngecek kondisinya masih bagus atau nggak ya pihak pengelola taman bermain. Tapi kalo di belanda, negara bikin suatu badan khusus yang isinya para ahli untuk ngecek kondisinya bagus atau nggak. Sekalinya nggak bagus, dibikin bagus dulu baru boleh jalan lagi. Yang bikin nggak beres itu apa, dikasih tau ke seluruh taman bermain yang ada roller-coaster biar nggak ditiru. Terus kalo ada yang sampe bikin penumpang celaka, pihak yang meriksa itu yang disalahkan. Bagus sistemnya. 
Nah ini data taun 2006 yak. Sekarang kondisi roller-coaster di jepang kayak gimana juga kurang tau. 
Terus kata amma, pas kita kelas 3 akhir, berarti sekitar 2011-2012, dia pernah liat di tv kalo roller-coaster yang di tokyo dome juga pernah makan korban. 
Hiiii 
Alhamdulillah pas ke sana nggak papa.
Mikir lagi deh kalo mau naik. 
Liat berita tadi langsung inget indonesia. Siapa yang ngecek ya? Berapa kali setahun? Atau malah berapa tahun sekali?
Gimana biar roller-coaster aman? 
Selain dicek rutin, gimana kalo pagarnya dibikin agak besar. Di dalamnya, dismipan bantalan kayak airbag yang di mobil-mobil itu. Jadi kalo ada yang misalnya jatuh keras banget kena pagernya, pagernya udah tau dulu sebelum si orangnya jatuh. Harus ada sensornya. Jadi pas jatuh, bantalan yang empuk itu udah di luar, siap nerima orang. Jadi nggak sakit deh orangnya. 
Gimana caranya bikin itu nyata??
Aku juga nggak tau. Tapi kalo bisa kan sepertinya aman. Asik kan. Nggak takut lagi. 
Jadi sekarang, harus lebih hati-hati lagi. Jepang aja bisa lho kayak gitu. Ternyata banyak lho yang nggak ngadain "pemeriksaan rutin". <- taun 2006
Bukan nakut-nakutin, tapi ini fakta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar