Sabtu, 20 April 2013

Nyontek=bohong

Lagi musim ujian yak sekarang.
Dulu pernah punya pengalaman nggak enak.
Jadi gini. Dulu jaman sd, nggak pernah yg namanya contek atau curang pake liat buku pas ulangan atau tes. Dulu masih polos.
Kalau mau ulangan atau tes ya belajar serius.
Eh pas kelas enam, mau ujian. Pak guru wali kelas tiba-tiba ngasih instruksi ke muridnya yang nilai ulangan atau tesnya bagus, disuruh ngasih tau jawaban ujian ke teman-teman yang lain. Anak-anak "pintar" itu dipaksa untuk ngasih tau jawabannya ke temen-temen sekitarnya. Setiap satu orang anak pintar akan membagi jawabannya ke teman-temannya di satu baris.
Karena ada empat baris, jadi ada empat anak yang ditugaskan.
Aku termasuk salah satunya.
Antara nggak percaya dan sedih rasanya.
Nggak percaya pak guru favoritku yang tiap hari kalo di kelas sangat tegas, tiba-tiba mengajarkan muridnya curang di ujian nasional.
Sedih kenapa aku juga harus ikut curang, bagi-bagi jawaban ke yang lain.
Emang temen-temenku sebegitu bodohnya kah sampai aku harus ngasih tau?
Langsung down aku. Bingung, kecewa sama pak guru, merasa bersalah banget.
Nggak bisa nolak.
Parah lah pokoknya.
Pas ujian, awalnya nggak mau ngasih tau. Eh dipaksa terus.
Nggak enak juga sama temen sendiri.
Akhirnya ya dengan terpaksa aku ngasih tau lah.
Dan anehnya kok bisa ya. Pengawasnya juga diem aja. Sampe ada temen di baris lain yang minta tulisin di kertas. Ya udah aku kasih. Aku lempar ke dia. Pengawas tetep diem.
Parah lah.
Abis ujian rasanya udah ngelakuin dosa gedeeeeee banget. Tapi mau gimana lagi?
Bahkan pak guru yg jadi panutan aku sendiri, yang digugu dan ditiru, ngasih instruksi kayak gitu. Sedih banget lah.
Jaman smp, jadi mulai males belajar. Mau ulangan atau tes juga nggak mau belajar. Jadilah aku ikutan nyontek. Ada bahkan yang ngerjainnya sambil ngintip buku yang diumpetin di laci meja. Aku sih nggak punya nyali buat "ngepek" kayak gitu.
Guru smp sering nyindir-nyindir. Nggak usah nyontek lah. Nyontek itu cuma bohong ke diri kamu sendiri. Tapi masih nggak aku dengerin.
Sampe kelas tiga, baru aku sadar lagi. Ulangan atau tes nggak pernah nyontek. Semua murni belajar sendiri.
Ujian nasional juga nggak mau nyontek atau ngasih contekan. Mau temen aku minta sambil mohon-mohon juga nggak aku kasih. Selese ujian mau diomongin di belakang, nggak diajak main lagi, dimusuhin, aku nggak peduli. Capek rasanya boong ke diri sendiri.
Jaman sma, pernah nyontek pas ujian. Nyonteknya ke iqbal atau galih. Iqbal temen dari sd, smp. Galih temen dari smp. Udah tau lah anak smp banyak nyontek. Jadilah pas ulangan kita sempet contek-contekan dikit di awal. Tapi karena muridnya sekelas cuma 5 orang, keliatan banget lah ya. Disindir-sindir terus sama gurunya. Akhirnya nggak pernah nyontek lagi.
Bahkan pak indra lebih parah lagi. Karena muridnya cuma berlima, jadi semuanya disebar di seluruh ruangan.
Empat orang di pojok-pokok ruangan, satu orang di tengah ruangan. Sebelum ulangan, tiap orang harus ngambil kertas undian. Siapa duduk di mana. Posisi yang paling aku nggak suka ya di tengah itu haha. Favorit di pojok kanan belakang. Bisa liat pemandangan luar yang lumayan bagus soalnya.
Di nihongo gakkou, sempet nyontek dikit-dikit pas ujian kanji. Tapi bener deh, itu cuma boong ke diri sendiri.
Akhirnya nggak nyontek lagi.
Di kousen, nggak bakal bisa nyontek. Guru pengawas selalu muter-muterin kelas atau duduk di depan, tapi liatin seluruh kelas. Ketauan ada yang nyontek, langsung dikasih nilai 0.
Nggak nggak mau lagi nyontek.
Nanti kalau punya anak, nggak boleh sekalipun dia nyontek. Cukup aku aja yang pernah nggak enak gini.
Mau anak aku dipaksa gurunya juga nggak aku ijinin. Pindah aja dari sekolah itu kalo perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar