Selasa, 26 Februari 2013

:) :) :)

Bersyukur.
Dilahirkan sehat, lengkap, sempurna.
Dan nikmat lain yang nggak keitung.

Nih. Contoh.
Hemoglobin disusun oleh 4 subunit (kumpulan-kumpulan) asam amino. 4 subunit itu dikasih nama beta 1, alfa 1, beta 2, alfa 2.
Penyusun subunit alfa itu ada 141 asam amino. Subunit beta, 146 asam amino. masing-masing asam amino disusun lagi sama kumpulan 3 basa yang menjadi 1.
Satu aja basa penyusun asam amino beta yang 146 buah itu ketuker. Harusnya asam amino urutan ke 6 adalah GAG (asam glutamin). Nah si basa penyusun GAG, yang A (adenin) jadi urasil (U). Namanya bukan asam glutamin lagi tapi valin (GUG).
Kalo asam amino nomer 6 si asam glutamin jadi valin, kena lah itu penyakit namanya anemia sel sabit. Bentuk eritrositnya jadi kayak bulan sabit.
Oksigen yg bisa diangkut lebih sedikit karena emang luas permukaannya lebih kecil. Dan lagi, eritrosit kehilangan keluwesannya menembus pembuluh darah. Eritrosit normalnya bisa masuk ke pembuluh darah yg lebarnya lebih kecil bahkan sampe setengahnya diameter dia sendiri.
Pada umumnya, penderita anemia sel sabit meninggal di umur 20 tahun.
Ada yg pake dialisis jadi agak panjang dikit umurnya, 50 taun.
Sedih nggak sih?
Lebih sedih lagi kalo tau bayi yang dikandung ternyata bakal kena penyakit itu pas dia lahir nanti. Kalo tetep hidup, kasihan. Mau diaborsi? Hfft. Semoga nggak ketemu yg kayak gitu.

Hayooo masih mau ngeluh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar