Sabtu, 20 Oktober 2012

Taiwan 42

1. Jarang ngomongin cuaca. Lebih seringnya, gimana udah sarapan?
2. Banyak yang bisa bahasa inggris dan jepang, selain mandarin dan bahasa china lainnya.
3. Di taipei banyak toko yang jual wedding dress.
4. Jarang yang pake tembok.
5. Kuilnya meriah. Dicet terus pake sumbangan orang-orang. Orang-orang sering banget ke kuil sampe kuilnya rame. Dan ada banyak sajen.
6. Nyetir di sebelah kanan jalan, setirnya di kiri.
7. Tapiokanya terkenal.
8. Panas tapi banyak angin.
9. Penduduknya ramah.
10. Ada wajib militer
11. Banyak nama-nama jepang yang dipake
12. Suku bangsa yang diakui saat ini ada 14.
15. Ada yang namanya taipei zoo, butuh waktu 2 jam untuk jalan 1/5 luas seluruhnya.
16. Sekarang ini ada 4 line MRT, dan taun depan akan ditambah 2 line lagi.
17. Penduduknya bangun pagi(tapi tetep, nggak sepagi orang indonesia pada umumnya) dan suka olahraga pagi-jogging, senam, dll.
18. Anak-anaknya sejak sd udah disuruh ikut les, les tambahan pelajaran sekolah, les piano, les bahasa.
19. Ada minuman dari mangga enak banget. Semacam es serut pake jus mangga tapi es serutnya lembut banget.
20. Banyak perusahaan jepang dan swalayan jepang.
21. Warganya ramah-ramah, suka ngajakin ngobrol orang asing.
22. Banyak yang bisa bahasa jepang.
23. Banyak anjing yang kayaknya anjing liar, soalnya nggak pake tali. Tapi ternyata yang punya anjing ada di deket situ.
24. Punya 4 musim
25. Musim panasnya panjang dan bisa sampe 40 derajat selsius.
26. Status quo. Punya rakyat, wilayah, pemerintahan tapi nggak diakui sebagai negara. PBB masih nganggep taiwan sebagai bagian dari RRC. Padahal keduanya punya bendera negara beda. (wikipedia dengan sedikit edit)
27. Pernah beli di 7eleven, onigiri yang norinya rasa wasabi dan nasinya asin.
28. Famima dan 7eleven punya aroma khas yang langsung kecium kalo masuk. Kalo kata aku sama amma, mirip kayak aromanya masakan kak namak. Sebenernya itu aroma telur yang direndem teh. Masakan khasnya mereka. Tapi jangan sembarangan beli. Walo namanya telur teh, tapi ada alkohol juga di penyedapnya.
29. Secara umum, air keran bisa diminum. Tapi ada air sadah, jadi yang nggak kebiasa kayak orang jepang, bisa sakit perut kalo minum.
30. Harga lebih murah daripada jepang. Air mineral 600 ml, 18 gen (sekitar 54 yen). Naik mrt 40 menit 35 gen (sekitar 105 yen).
31. Setiap belanja di toko apapun, di struknya ada nomor undian. Tiap bulan(?) diundi, yang menang dapet 200 gen(sekitar 600 yen) sampe puluhan ribu gen. Makanya kalo orang belanja, struknya nggak pernah dibuang.
32. Merasa beruntung pernah belajar mandarin. Walau cuman dikiiiiiiit banget kulitnya aja. Haha. Semacam xiexie(謝謝), duibuqi(对不起), shiba(十八), yisanshi(一三十),yierliu(一二六),zaijian(再见). Cuman itu yang bisa ketangkep kemaren :p Lainnya yang dulu belajar udah terbang ke mana.
32. Menemukan toko filipina di deket hotel. Dan nemu tobleron murah banget! 5 bungkus yang 100 gram, harganya 200 gen (600 yen). Ada milo juga. Tapi harganya biasa aja sih. Produk indonesia juga banyak. Ada adem sari, tong tji, bumbu masak indofood, dll.
33. Pas naik mrt, ada anak sd mau lewat. Dia bilang, excuse me. Di jepang nggak pernah nemu yang begitu. Hihi
34. Ada macem2 pijat. Pijet kaki, seluruh badan, muka, esthe. Ada juga yang melayani kerik kotoran telapak kaki. Hihi. Nggak tau gimana sih, cuman liat fotonya aja di depan tempat pijet. Oke, di indonesia juga banyak pijet. Tapi ini banyak banget di jalan2, jadi pilihan tur kemaren juga. Kayaknya udah terkenal taipei = pijet. Hampir semua temen-temen ikut. Tapi aku nggak ikutan. Ada satu di deket hotel, pijet kaki kayaknya, ibu-ibunya selalu nawarin kita pas lewat.
35. Banyak teh.
36. Banyak batu giok.
37. Suka sawi sampe banyak aksesoris bentuk sawi. Batu giok lah, gantungan kunci, gantungan hp. Ada hiasan sawi putih harganya sekitar 3 milyar rupiah! Rumah benhil dijual aja nggak bisa buat beli itu -.-
38. Di bawah jalan layang ada tempat parkir. Efisien!
39. Motornya lumayan banyak. Tapi penampilannya masih kalah sama motor2 di indonesia.
40. Suka angka 0 dan 1. Angka paling tinggi itu 100. Dibuatnya taipei 101 itu utk bikin sesuatu yang lebih tinggi dari 100.
41. Lift di taipei 101 buat naik ke lantai observasi adalah lift paling cepet sedunia. Bisa ke lt 89 dalam hitungan detik.
42. Di deket 101 ada tugu LOVE macam di shinjuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar