Minggu, 14 Oktober 2012

Omoshiro jikken

Hari ini ketemu banyak anak kecil.
Kalo ditotal ada 3x3+2=11 orang yamg dateng ke meja yang aku jagain.
Ceritanya bikin telor ikan. Orang jepang suka makan telor ikan, namanya ikura. Warna orange gitu, telor salmon apa ya kalo nggak salah.
Nah tadi itu bikin dari natrium alginat + kalsium klorida. Dua-duanya ini kalo dilarutin ke air satu-satu, bisa larut. Tapi kalo dicampur, bereaksi jadi asam algin kalsium yang nggak bisa larut di air. Hasil reaksinya ini jadi semacam membran, jadilah bentuknya bulet2. Dicampur lagi sama warna macem-macem biar lucu. Ada yang pake warna kayak stabilo. Hwhw. Intinya pewarna yang mengandung fluorescent, jadi kalo kena uv keren cerah banget gitu. Ini warnanya ada ijo, kuning, orange, pink. Ada lagi yang dikasih serbuk besi, jadi gerak2 kalo dikasih magnet. Yang ini dikasih warna item. Terus yang warna putih, dikasih bahan yang bisa menyerap cahaya dan menyimpannya. Terus dikeluarin lagi pas lampunya dimatiin. Kayak hiasan buat dinding atau langit2 itu kayaknya. Yang terakhir, cuman dicampur sama cat air aja. Jadi cuman buat nambahin warna aja biar rame. Keren tapi. Ada ungu, biru, pink, kuning, ijo, dll. Ini sih suka2 kita lagi pengen bikin warna apa. Hehe
Balik lagi ke anak-anak.
Ada yang blasteran amerika jepang. Fasih banget jepangnya. Inggrisnya juga keren lah orang dia bilang sendiri kalo dia orang amerika. Pake kacamata, cantik. Umurnya 10 taun. Suka IPA dan pengen masuk kosen karena pengen maen IPA terus. Hehe lucu. Adeknya juga lucu. Ganteng. Bulumatanya panjang2. Haha. Dua-duanya rambutnya pirang. Si kakak bikin telor ikannya dikit. Adeknya banyak banget. Mereka berdua sama-sama suka ngobrol dan suka cerita macem2. Bapaknya orang oklahoma katanya. Dateng ke kosen tadi bareng ibunya.
Terus ada lagi 3 orang, cowok 2 cewek 1. Yang ini jepang asli. Cowok yang 1 keliatan banget kalo itu kakak dari dua orang lainnya. Tapi yang dua itu nggak yakin mana adek mana kakak. Trus bikin kesimpulan ngasal kalo si cewek lebih tua dari cowok. Tapi ternyata pas diliat, cowoknya lebih jago bikin telur. Penasaran. Jadilah tanya. Berapa taun? Kata si cewek 6. Terus tanya yang cowok, 6 juga. Heee, kalian kembar? Mereka bareng nganggukin kepala. Aaaa lucu banget parah. Pas tanya kakaknya, umurnya 10 taun. Malu-malu gitu ngobrolnya. Bapaknya ngeliatin dari kursi di belakang. Sambil kadang bantuin. Lucuuuu. Pertamanya si cewek nggak tau cara pake pipet. Dan aku nggak peka banget cuman nyuruh dia bikin. Untung sensei lewat, terus diajarin deh bikin. Hihi gomennnasai.
Rata2 anak2 suka kalo diajak ke tempat gelap terus liat telur2nya dikasih sinar lampu khusus (uv kayaknya) jadi nyala2 terang banget. Lebih seneng lagi pas lampunya dimatiin semua, telor warna putihnya keluar cahaya hijau. Hihihi lucuuuu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar